Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket
Teknologi

Tampilan YouTube Music Diperbarui: Ada Kolom Komentar dan Jumlah “Suka“

Avatar of Raden Media
75
×

Tampilan YouTube Music Diperbarui: Ada Kolom Komentar dan Jumlah “Suka“

Sebarkan artikel ini
Tampilan YouTube Music Diperbarui: Ada Kolom Komentar dan Jumlah “Suka“

RADENMEDIA.ID – Platform streaming musik YouTube Music mengalami perubahan tampilan pada Jumat (1/9/2023). Tampilan “Now Playing” (lagu yang sedang diputar) mengalami perubahan signifikan dan telah mulai diterapkan pada sejumlah perangkat Android dan iOS.

Salah satu perubahan besar dalam tampilan baru ini adalah penambahan kolom komentar. Pada pagi Jumat, pengguna dapat melihat desain baru “Now Playing” di YouTube Music melalui aplikasi versi 6.16.52 di perangkat Android. Namun, penyebaran tampilan baru ini masih belum merata, dengan beberapa perangkat Android belum menerima pembaruan tersebut.

Kini, saat memutar lagu di YouTube Music, pengguna akan melihat sampul lagu atau album dalam ukuran yang lebih besar daripada sebelumnya. Judul lagu dan nama artis juga telah dipindahkan ke sisi kiri, berbeda dengan posisinya sebelumnya yang berada di tengah. Ini mengakibatkan tombol “Suka” dan “Tidak Suka” yang sebelumnya berada di sudut kiri dan kanan, ikut berpindah.

Tombol “Suka” dan “Tidak Suka” sekarang berada di bagian bawah layar, sejajar dengan beberapa menu baru yang ditampilkan dalam bentuk ikon elips berbaris. Salah satu menu baru ini adalah kolom komentar. Ini merupakan langkah pertama kali YouTube memasukkan kolom komentar ke dalam aplikasi musiknya. Dengan adanya kolom ini, pengguna dapat membaca dan menulis komentar sambil mendengarkan lagu.

Desain tombol “Suka” dan “Tidak Suka” di YouTube Music sekarang mirip dengan yang ada di aplikasi YouTube. Tombol “Suka” juga dilengkapi dengan angka yang menunjukkan jumlah suka yang diterima.

Selain itu, beberapa menu lain yang tersedia dalam tampilan Now Playing YouTube Music yang baru adalah:

– Menu “Simpan” untuk menambahkan lagu ke dalam daftar putar.

– Menu “Bagikan” untuk berbagi lagu ke platform lain.

– Menu “Unduh” untuk mendengarkan lagu secara offline atau tanpa koneksi internet.

– Menu “Radio” untuk mendengarkan lagu berdasarkan rekomendasi algoritma YouTube Music.

Sebenarnya, fitur-fitur seperti “Simpan” hingga “Radio” tersebut bukan hal baru di YouTube Music. Namun, sebelumnya, fitur-fitur ini tersembunyi dan pengguna harus mengklik tanda titik tiga di sudut atas layar untuk mengaksesnya. Dengan tampilan baru ini, menu “Simpan,” “Bagikan,” “Unduh,” dan “Radio” sekarang ditampilkan langsung di halaman Now Playing.

(Arey)