Daerah

Sosialisasi Jelang Penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kecamatan Banding Agung

Avatar of redaksi
1
×

Sosialisasi Jelang Penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kecamatan Banding Agung

Sebarkan artikel ini
IMG 20221212 WA0244

OKU Selatan, RADENMEDIA.ID – Kecamatan Banding Agung kabupaten OKU Selatan, jelang penerapan Electronic Traffic Law Enforcement adakan sosialisasi di Gedung Serba Guna Banding Agung. Senin, 12 Desember 2022.

Kapolres OKU Selatan yang diwakili Kepala Biro Ops Satlantas, IPTU Firdaus, S.H. Dalam sambutanya pentingnya Menyampaikan dasar hukum pelaksanaan tilang E-TLE, UU No 22 tahun 2009 tentang LLAJ.

E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) merupakan sistem penegakan hukum dibidang lalu lintas yang berbasis teknologi informasi dengan mengunakan perangkat elektronik berupa kamera atau alat yang dapat mendeteksi pelanggaran lalu lintas dan menyajikan data Kendaraan bermotor secara otomatis.

Adapun keuntungan e-TLE yaitu :

1. Tidak melibatkan Personel yang banyak.
2. Tidak menimbulkan kemacetan pada jam dan lokasi tertentu.
3. Teratasi penuh 24 jam.
4. Tidak adanya peluang KKN /pungli oleh petugas.
4. Pembuktian pelanggaran akurat.

Saat ada pelanggaran, kamata tilang Elektronik akan langsung merekam bukti pelanggaran lalu pemilik kendaraan akan mendapat surat tilang melalui surat tilang yang dikirim ke alamat pelanggar, tercantum pasal yang sudah dilanggar serta tempat pelanggaran.

IMG 20221212 WA0243

Kemudian pelanggar harus melakukan konfirmasi jika sudah melakukan konfirmasi, si pelanggar akan mendapat email konfirmasi yang berisi tanggal serta lokasi pengadilan dan pelanggar juga akan memperoleh SMS yang berisi kode BRIVA untuk membayar denda pelanggaran.

Camat Banding Agung, Adi Saputra, S.H. menyambut baik sosialisasi ini semoga kedepan warga Banding Agung semakin taat, santun dan patuh dalam berkendara.

Bapak Isbit Imade mengusulkan kepada Kepala Biro Ops Satlantas OKU Selatan agar Sosialisasi dengan masyarakat terbatas, agar kiranya dibantu dengan brosur agar bisa ditempel tempat tempat Umum supaya masyarakat capat tau dan memahami pungkasnya.

Hadir di acara sosialiasi, Camat dan Staff, Lurah Bandar Agung dan Staff, Polsek, Koramil 403.10, Kepala Sekolah dan Dewan Guru, SLTA, SMP, SD, Kades Kades dan undangan lainya.

(Sawaludin)