Daerah

Sosialisasi Bawaslu Bersama Puluhan Santri di Karawang

Avatar of redaksi
3
×

Sosialisasi Bawaslu Bersama Puluhan Santri di Karawang

Sebarkan artikel ini
IMG 20221229 140040 768x354 1

Karawang, RADENMEDIA.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karawang melakukan sosialisasi Pemilu 2024 kepada puluhan santri dan santriwati yang mewakili Pondok Pesantren di Kabupaten Karawang.

Kegiatan mengusung tema Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama Santri Kabupaten Karawang Tahun 2022, berlangsung Kamis, 29 Desember 2022, di Rumah Makan Indo Alam Sari, Karawang, Jabar.

Dalam kegiatan tersebut Ketua Bawaslu Karawang Kursin Kurniawan, sempat menyinggung peran Bawaslu sebagai badan pengawas pemilihan umum (Pemilu).

Disebutkan peran Bawaslu baik tugas, wewenang maupun kewajiban, keseluruhannya diatur berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

“Kami dari Bawaslu sangat berterima kasih atas kehadiran semuanya (santri dan santriwati),” ucap Kursin, sesaat membuka sosialisasi.

(Pihak Bawaslu saat sedang memberikan jawaban atas pertanyaan dari para Santri dan Santriwati)

Untuk sesi tanya jawab Kursin kemudian menyerahkan kepada Roni Rubiat Machri, SE, selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Karawang, pada sesi kedua setelah jam istirahat.

Apa saja yang ditanyakan para santri ini, berikut tanya jawab Yahya, wakil santri dan Roni Rubiat Machri,

Selain kegiatan rutin mengaji dan bersih-bersih di lingkungan pondok pesantren, kami gunakan waktunya untuk tidur. Apakah diperbolehkan orang sosialisasi calon di pondok pesantren,” kata Yahya.

IMG 20221229 105741

Pada pemilu tahun 2019 ketika itu ada kegiatan kampanye para tokoh-tokoh datang ke Pondok Pesantren, kemudian menggunakan atribut, karena di Pondok Pesantren adalah tempatnya untuk belajar menuntut ilmu, bukan tempatnya kampanye, tentu sudah jelas melanggar,” kata Roni.

Bagaimana caranya agar kami bisa memperoleh informasi calon-calon pimpinan kami yang akan datang. Selama ini kami bersosialisasi dengan dunia diluar pondok melalui medsos, kalau bermedsos juga harus hati-hati, karena ada sejumlah kejadian kasus yang justru terjadi di medsos,” ucap Roni.

Apakah dari Bawaslu atau pihak lainnya dapat memberikan kami informasi terkait Pemilu mendatang,”kata Yahya.

Jika ingin memahami tentang tugas dan fungsi Bawaslu, tinggal buka saja di web Bawaslu, nanti jelas dan memahami mekanisme tugas dan fungsi Bawaslu,” Jelas Roni.

Sesi tanya jawab Santri dan Bawaslu berlangsung sekitar satu jam, sebelum diakhiri zoom meeting dengan tema ‘Peran Serta Santri dalam Pemilu Serentak Tahun 2024’.

Zoom meeting tersebut dibawakan langsung Jeirry Sumamow, nasumber dari Praktisi pemantau pemilu. (A’IDIN)