Teknologi

Siaran Televisi Analog Medan dan Sekitarnya Padam

Avatar of Raden Media
3
×

Siaran Televisi Analog Medan dan Sekitarnya Padam

Sebarkan artikel ini
Siaran Televisi Analog Medan dan Sekitarnya Padam

MEDAN, RADENMEDIA.ID – Masyarakat di wilayah Medan dan sekitarnya dihimbau untuk siap-siap beralih ke siaran TV digital, Sebab, pada 31 Juli 2023 siaran Televisi Analog di Sumatera Utara-1 akan dimatikan pemerintah.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan proses analog switch off (ASO) di Sumatera Utara-1 itu dilakukan pukul 24.00 WIB.

“Insya Allah setelah ASO Sumut-1 (Medan dan sekitarnya) pada tanggal 31 Juli 2023 pukul 24.00 waktu setempat penetrasi TV digital seluruh Indonesia akan norma kembali,” ujar Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia, Rabu (26/7/2023).

Adapun ada tiga kota dan tiga kabupaten di Sumatera Utara-1 yang terdampak migrasi TV analog ke digital tersebut, di antaranya Kota Medan, Kota Binjai, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Serdang Bedagai.

Medan merupakan kota besar Indonesia terakhir yang akan beralih ke TV digital. Gery mengutip dari hasil pengukuran Nielsen di 11 kota besar, meliputi Jabodetabek, Palembang, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Makassar, Banjarmasin, dan Medan sudah menuju normal penetrasi TV digitalnya.

Sebelum dilakukannya ASO jumlah penonton analog sekitar 59 juta. Sedangkan, setelah ASO per 1 Juli 2023, penetrasi TV digital jumlahnya 56 juta atau 95,2%.

Adapun, penetrasi TV digital secara nasional yang sebelum ASO berjumlah 121 juta penonton, kini juga diklaim menuju normal dengan 124 juta penonton atau 95,4%.

“Membuktikan bahwa masyarakat Indonesia mudah beradaptasi kepada perubahan teknologi sehingga siaran TV analog semakin ditinggalkan. Pemerintah, stasiun TV, stakeholder penyiaran dan Komunitas TV Digital Indonesia tidak kenal lelah secara terus-menerus sosialisasi mendorong masyarakat untuk beralih ke TV Digital,” tuturnya.

(BW)