Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket
Nasional

Setelah HUT RI 79, Sejumlah Pegawai Kementerian Akan Pindah Ke IKN

Avatar of Raden Media
38
×

Setelah HUT RI 79, Sejumlah Pegawai Kementerian Akan Pindah Ke IKN

Sebarkan artikel ini
IMG 20240612 084102

Jakarta, RADENMEDI.ID – Sejumlah Pegawai Kementerian akan pindah ke Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara setelah upacara hari ulang tahun RI Agustus mendatang.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengaku sudah mengajukan sejumlah pejabat dan pegawai akan mulai pindah tahun ini.

“Kami ajukan sekitar 40 orang,” ujarnya, Selasa, 11 Juni 2024.

Meski demikian Suhaso tidak merinci kapan tepatnya dirinya akan mulai berkantor di IKN. Sebelumnya rencana pemindahan pejabat sudah dikonfirmasi sejumlah Menteri kabinet Jokowi.

Ditemui selepas acara di Kantor Bursa Efek Indonesia pada 30 Mei 2024, Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pejabat para Menko atau menteri koordinator yang akan pindah duluan.

“Yang pindah duluan Kantor Kemenko,” ujarnya.

Sementara itu, sekertaris Jenderal Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengatakan, Kemenkeu juga telah berkomunikasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait rencana pemindahan ke IKN Nusantara.

Terdapat 292 pejabat dan pegawai Kemenkeu yang akan migrasi pada tahap awal.

Ketua Satuan Tugas Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga memaparkan pemerintah sudah menyiapkan infrastruktur termasuk hunian untuk mendukung pemindahan ASN ke IKN.

Ada 47 tower yang disiapkan untuk tempat tinggal para pegawai pemerintahan yang akan migrasi. Untuk tahap pertama, ada 12 tower yang dikebut pembangunannya. Berdasarkan hitungannya, Danis mengatakan total hunian yang tersedia dapat menampung 2.160 ASN untuk pemindahan tahap awal. (Zharon)