Pendidikan

Seleksi Calon Santri Baru Ponpes Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak Dilakukan dengan Model CBT dan Wawancara

Avatar of redaksi
0
×

Seleksi Calon Santri Baru Ponpes Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak Dilakukan dengan Model CBT dan Wawancara

Sebarkan artikel ini
IMG 20230107 WA0134

Temanggung, RADENMEDIA.ID – Pondok Pesantren Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak (Almatera), Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, segera memasuki tahun ajaran baru 2023/ 2024 diawali dengan seleksi calon santri baru. Sabtu, 7 Januari 2023.

Pondok Pesantren Al – Mu’min Muhammadiyah Tembarak yang dikenal dengan nama Almatera, telah berhasil mencetak santri santri berkulitas melalui pembelajaran terpadu yaitu pendidikan formal dan pondok pesantren selama 6 tahun, dari jenjang Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah serta Sekolah Menengah Kejuruan Al Mu’min.

Ketua Panitia Seleksi Mayo Wibowo mengatakan, penerimaan santri baru tahun ajaran 2023 / 2024 dilakukan melalui tes untuk calon santri maupun calon wali santri selama 2 hari.

IMG 20230107 WA0137

Materi Tes Seleksi meliputi wawancara calon santri dan calon wali santri, test baca tulis Alquran, tes tahfidz dengan tes hafalan 5 ayat Al Quran, literasi, riset dan juga tes tertulis dengan aplikasi komputer di ruang CBT atau Computer Based Test.

“Untuk yang memilih keunggulan Riset yaitu pembelajaran tentang penelitian, karya tulis ilmiah, problem solving, akan dinilai tata bahasanya dan kemampuan analisa kasusnya”, tandas Mayo.

Di ruang laboratorium komputer Pondok Pesantren Al Mu’min Tembarak, calon santri mengerjakan soal soal tes pengetahuan umum, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, studi kasus dan menyusun narasi pendek dan lainnya.

Direktur Ponpes Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak Kampus 1 Makmun Pitoyo mengatakan, ada 3 alasan mendasar mengapa Almatera mewajibkan mondok selama 6 tahun.

Yang pertama, karena amanat para pendiri pondok. Kedua, desain kurikulum dan silabus materi kepondokan integral dan
runtut dari kelas 7 MTs sampai Kelas 12 Madrasah Aliyah dan SMK sebagaimana tertuang di dalam profil Pondok Almatera. Ke tiga, desain kurikulum tersebut disusun untuk melahirkan karakteristik 15 Profil Alumni Almatera.

IMG 20230107 WA0133

Ada 3 unggulan yang bisa dipilih calon santri, yaitu tahfidz, literan dan riset. Semua dideeleksi melalui CBT atau computer based tes, mirip alikasi untuk ujian nasional. Aplikasi ini bersifat open source, sehingga bisa di custom sesuai kepentingan seleksi.

Kegiatan seleksi dilakukan selama 2 hari mengingat jumlah calon santri diprediksi melebihi kapasitas dan mereka berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Purwokerto, Banjarnegara, Wonosobo, Semarang dan wilayah Yogyakarta.

(Budhy HP)