Artikel

Ribuan Jemaah Padati Masjid Raya Sumbar Sambut Aa Gym di Subuh Mubarakah

Avatar of Raden Media
2
×

Ribuan Jemaah Padati Masjid Raya Sumbar Sambut Aa Gym di Subuh Mubarakah

Sebarkan artikel ini
Ribuan Jemaah Padati Masjid Raya Sumbar Sambut Aa Gym di Subuh Mubarakah

PADANG, RADENMEDIA.ID – Da’i kondang KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) memberikan tausiyah pada gelaran Subuh Mubarakah di Masjid Raya Sumatera Barat, Ahad (6/8/2023). Antusias ribuan jemaah dari berbagai penjuru Sumatera Barat menyambut kedatangannya.

Bahkan, tak sedikit jemaah bermalam di Masjid Raya Sumbar menantikan ceramah da’i kondang asal Jawa Barat itu.

Ratusan kelompok-kelompok Majelis Ta’lim dari berbagai daerah di luar Kota Padang seperti Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pesisir Selatan, maupun jemaah dari dalam kota yang datang bersama keluarga sudah mulai memadati Masjid Raya sejak pukul 01.00 WIB dini hari.

Salah seorang jemaah yang hadir, Layla Cahyani mengatakan, kedatangan Kiyai atau ulama yang terkenal dengan keilmuan dan pembawaan yang menyejukkan, memang selalu dirindukan jemaah. Apalagi yang berasal dari luar daerah yang cukup jauh dari Sumatera Barat.

“Karena kalau ustadz dari luar daerah kan biasanya kita hanya mendengar dari televisi atau YouTube, jarang bertemu langsung. Jadi jemaah merindukan beliau untuk hadir di kota kita,” ungkapnya.

Dikatakan Layla, jika ada ustadz dari luar daerah akan berceramah di Sumbar, biasanya jemaah sudah mengetahui dari jauh-jauh hari melalui Whatsapp Group pengajian atau Majelis Ta’lim yang diikuti. Sehingga jemaah Majelis Ta’lim sudah merencanakan untuk dapat menghadiri kegiatan bersama.

“Walaupun datang bersama keluarga, di Masjid tadi kita masih bertemu dengan teman-teman sesama jemaah Majelis Ta’lim yang juga datang dengan keluarga,” sambungnya.

Hal serupa disampaikan Yon, seorang jemaah Majelis Ta’lim dari Koto Tangah. Meski datang terlambat Yon bersama rekan-rekan di Majelis Ta’lim sudah mengetahui rencana kedatangan Aa Gym dari jauh-jauh hari.

“Iya kami mendapat informasi dari Whatsapp Group, biasanya jemaah Majelis Ta’lim merencanakan dulu supaya bisa menghadiri. Apalagi yang dari luar kota kan harus ada persiapan dengan teman-teman sesama jemaah,” ujar Yon.

Bagi jemaah dari luar kota, selain untuk menyimak ceramah, kedatangan ke Masjid Raya tentu juga sekaligus untuk merasakan pengalaman mengikuti wirid di Masjid Raya Sumbar yang terkenal dengan arsitektur yang unik.

Pada kegiatan Subuh Mubarakah itu, Aa Gym menyampaikan pesan pentingnya memperbaiki diri.

“Fokus cari kekurangan diri sendiri, kesalahan diri sendiri, kemudian perbaiki diri. Kalau kita bisa memperbaiki dengan baik, Allah akan menggunakan diri kita untuk bisa memperbaiki yang lain,” tutur Aa Gym berpesan. (*)