Scroll untuk baca artikel
Banner atas
PemerintahanDaerahNews

Peran Serta Pengawasan Masyarakat Serbalawan Dalam Penggunaan Dana Desa

Avatar of redaksi
29
×

Peran Serta Pengawasan Masyarakat Serbalawan Dalam Penggunaan Dana Desa

Sebarkan artikel ini
SAVE 20240211 012014

SIMALUNGUN, RADENMEDIA.ID – Program Dana Desa yang merupakan jurus jitu dari pemerintah pusat langsung ke tingkat pemerintah desa yang bertujuan mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain ke ikut sertaan masyarakat dalam musyawarah perancangan program dana desa tersebut, Pengawasan yang dilakukan masyarakat kepada setiap program dana desa, merupakan peran yang sangat Vital dan di butuhkan pemerintah demi mensukseskan tujuan pemerintah, dimana pemerintah telah menggelontorkan Anggaran yang fantastis langsung ke Rekening Pemerintah Desa.

Seperti yang di sampaikan Hendri.S (38) Selaku Tokoh Pemuda di Lingkungan V Kelurahan Serbalawan Kec.Dolok Batu Nanggar Kab. Simalungun, Sabtu (10/02/2024) sekira pukul 15:00 Wib kepada jurnalis radenmedia.id

Ia mengatakan,” Peran serta masyarakat kepada penyelenggara negara maupun pengelola anggaran merupakan peran aktif masyarakat kepada negara untuk mewujudkan penyelenggara negara yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, Namun harus sesuai norma dan undang undang yang ada.

SAVE 20240211 012003

Selain itu ia juga menerangkan” peran serta masyarakat dalam mengawasi program pemerintah desa maupun pengelola anggaran terkhusus pelaksanaan program dana desa.

Penyelenggara negara maupun pengelola anggaran dengan bekerjasama kepada masyarakat dengan cara memberikan informasi secara mudah di akses serta transparan dan terbuka kepada masyarakat di setiap anggaran yang di keluarkan sesuai Peraturan Komisi Informasi No 1 Tahun 2021 Pasal Ke 5 dan Sesuai Peraturan Menteri Desa PDTT No 8 Tahun 2023,” sebutnya.

Di kesempatan itu, Hendri S Juga mengatakan” selain di peraturan komisi informasi tahun 2021 tersebut . anggaran pendapatan dan belanja, merupakan wujud pengelolaan keuangan negara yang ditetapkan setiap tahunnya dengan undang undang serta wajib dilaksanakan secara terbuka serta bertanggung jawab sebesar besar nya demi kemakmuran rakyat, Sesuai UUD 1945 pasal 23 ayat ke 1,” Katanya.

Negara sangat membutuhkan Setiap elemen masyarakat, baik kelompok maupun individu untuk memberikan pengawasan disetiap program pemerintah, agar turut serta memberikan pengawasan dan mengawasi di setiap anggaran yang di keluarkan negara kepada penyelenggara negara maupun pengelola anggaran, selain mewujudkan penyelenggara yang bersih dari korupsi kolusi dan nepotisme.

Pengawasan yang dilakukan masyarakat kepada pengelola anggaran bertujuan mensukses kan tujuan pemerintah yaitu meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan di tengah tengah masyarakat sesuai hasil perencanaan musyawarah anggaran yang di tetapkan.

(Hari Nasution)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.