Ketua PWM Jateng Kunjungi Ponpes Al-Mu’min Muhammadiyah Temanggung Gelar Kajian Ahad Pagi Sambut Tahun Baru 2023

Avatar of redaksi
3
×

Ketua PWM Jateng Kunjungi Ponpes Al-Mu’min Muhammadiyah Temanggung Gelar Kajian Ahad Pagi Sambut Tahun Baru 2023

Sebarkan artikel ini
IMG 20230101 WA0155

Temanggung, RADENMEDIA.ID – Pondok Pesantren Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak (Almatera) Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, menyelenggarakan kegiatan rutin Kuliah Subuh Ahad Pagi, 1 Januari 2023.

Kali ini dihadiri Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Doktor KH. Tafsir untuk menjadi pembicara utama.

Kegiatan Kuliah Subuh Ahad Pagi bersama Dr. KH. Tafsir sekaligus menyampaikan kajian kajian khusus tentang Al Qur’an dan Perserikatan Muhammadiyah dalam aplikasi kehidupan masyarakat sehari hari.

Direktur Pondok Pesantren Almatera Temanggung KH. Syamsuri Adnan mengatakan, kegiatan Ahad Pagi kali ini bertepatan dengan Tahun Baru 2023, dilaksanakan secara khusus, yaitu mengundang Ketua PWM Jawa Tengah untuk sekaligus meninjau pembangunan Asrama Putri Ponpes Almatera.

IMG 20230101 WA0151

“Kami mohon doa restu dan dukungan warga Muhammadiyah dan masyarakat, semoga pembangunan Asrama Putri selesai tepat waktu sesuai rencana guna menunjang kegiatan kegiatan belajar mengajar di Ponpes Almatera”, tandas Syamsuri.

Ketua PWM Jawa Tengah KH. Tafsir dalam tausiyahnya menyampaikan, penyelenggaraan pembelajaran di pondok pesantren Almatera Temanggung menjadi unggulan di Jawa Tengah. Konsekuensi itu biasanya banyak tamu dari luar daerah untuk melakukan kunjungan studi tiru.

Dalam kajian Ahad Pagi di Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung yang dikenal dengan nama Almatera, KH. Tafsir mengatakan bahwa Muhammadiyah sering kali berbeda cara pandang, misalnya cara menentukan penanggalan, sebab memang belum ada kalender global Hijriyah.

“Perbedaan pendapat atau tafsir harus dihargai karena memang belum ada ketentuan penanggalan global, maka yg digunakan adalah penafsiran terhadap ayat ayat Al-Quran yang mengaturnya”, ungkapnya.

IMG 20230101 WA0152

Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung telah berhasil mencetak santri santri berkualitas melalui pembelajaran terpadu yaitu pendidikan formal dan Pondok Pesantren.

Ketua PWM Jawa Tengah usai menghadiri Kuliah Ahad Pagi langsung meninjau Kampus 2 Ponpes Almatera di Selopampang Tembarak dan menyampaikan doa atas pembangunan Asrama Putri Ponpes Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung.

(Budhy HP)