Scroll untuk baca artikel
Banner atas
News

Keterbukaan Informasi Pelaksanaan Dana Desa Merupakan Hak Bagi Masyarakat

Avatar of redaksi
8
×

Keterbukaan Informasi Pelaksanaan Dana Desa Merupakan Hak Bagi Masyarakat

Sebarkan artikel ini
IMG 20240211 WA0041

SIMALUNGUN, RADENMEDIA.ID – Keterbukaan informasi dari pengelola anggaran dalam penggunaan dana desa kepada masyarakat, merupakan cermin dari terwujudnya penyelenggara maupun pengelola anggaran yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Selain mencerminkan penyelenggara negara maupun pengelola anggaran yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Keterbukaan informasi secara transparan kepada masyarakat juga merupakan wujud tanggung jawab serta ketaatan pengelola anggaran kepada negara.

Keterbukaan informasi penggunaan dana desa, dari pengelola anggaran kepada masyarakat merupakan kewajiban dan bentuk tanggung jawab pengelola anggaran kepada masyarakat dan negara,” Ungkap Dedi Herianto kepada jurnalis radenmedia.id Minggu (11/02/2024).

Ia juga mengatakanmengatakan,” Pemerintah daerah wajib mendorong partisipasi masyarakat dalam memberikan pengawasan pengelolaan anggaran yang bersumber dari uang rakyat tersebut,” Ucapnya.

Penyelengara negara maupun pengelola anggaran dana desa juga berkewajiban mengabulkan permohonan masyarakat terkait keterbukaan informasi pelaksanaan Dana Desa Sesuai UU No 6 Tahun 2014 pasal ke 68,” sebutnya.

Kita harus peduli kepada negara, Setiap elemen masyarakat juga berhak mengetahui dan mengawasi penyelenggara negara terkhusus dari pelaksanaan dana desa di wilayahnya, sehingga dengan keikutsertaan masyarakat dalam mengawasi jalannya program dana desa tujuan pemerintah untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan dapat terwujud sesuai yang di harapkan masyarakat.

(Hari Nasution)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.