Daerah

Kemenag Kapuas Hulu Launching Moderasi Beragama Tahun 2023

Avatar of redaksi
55
×

Kemenag Kapuas Hulu Launching Moderasi Beragama Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Kemenag Kapuas Hulu Launching Moderasi Beragama Tahun 2023

KAPUAS HULU, RADENMEDIA.ID – Bertempat di halaman Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Kapuas Hulu Jl. Kom Yos Sudarso No. 115 Kec. Putussibau Utara Kab. Kapuas Hulu Kalbar telah dilaksanakan Kegiatan Launching Kampung Moderasi Beragama Kemenag Kab. Kapuas Hulu Tahun 2023. Selasa (10/10/2023).

Kegiatan di hadiri, Kepal Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Prov. Kalbar, Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I, Bupati Kab. Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, S.H., M.H, Kepala Kemenag Kab. Kapuas Hulu, Mad Rais, S.Pd., S.Ag. Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan, S.I.K., M.H;  Kasdim 1206/PSB, Mayor Inf Supriyono, Kajari Kapuas Hulu, Safi Hadari, S.H., M.Hum, Anggota Komisi I DPRD Kab. Kapuas Hulu, Erwan Sanusi, S.Pd.I, Seluruh OPD terkait di wilayah Kab. Kapuas Hulu, Seluruh Kepala KUA se Kabupaten Kapuas Hulu, seluruh Kepala Sekolah Madrasah Aliyah se Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala Kemenag Kab. Kapuas Hulu Mad Rais menyampaikan, Kampung Moderasi Beragama merupakan program Kemenag RI yang tujuannya untuk menjaga, memelihara dan menjalin kerukunan di antara sesama pemeluk agama.

“Untuk wilayah Kab. Kapuas Hulu terdapat 2 Desa yang terpilih menjadi Kampung Moderasi Beragama, yakni Desa Sibau Hulu Kec. Putussibau Utara dan Desa Kedamin Darat Kec. Putussibau Selatan,“ ungkapnya.

Kami berharap semoga dengan di launchingnya Kampung Moderasi Beragama dapat menciptakan situasi yang aman, rukun, damai dan selalu toleransi antar sesama.

Kakanwil Prov. Kalbar, dalam sambutannya mengatakan, para pendahulu kita sebenarnya telah menerapkan hidup rukun dengan menggunakan kearifan lokal yakni sesama pemeluk agama atau suku yang berbeda, bahwa tidak ada satu agama pun yang mengajarkan untuk tidak hidup rukun.

“Membangun kerukunan dan keharmonisan tidak seperti membangun suatu rumah, oleh karena itu sangat diperlukannya koordinasi antar lintas sektoral guna memperkuat pondasi dalam membangun kerukunan dan keharmonisan,“ jelasnya.

“Mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah menciptakan situasi yang aman, hal tersebut terlihat dari aktivitas toko-toko dan tempat-tempat umum yang masih melayani para masyarakat sampai dengan malam hari,“ sambungnya.

Selain itu, Bupati Kab. Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, S.H., M.H, mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Kab. Kapuas Hulu mengucapkan selamat kepada Desa yang telah terpilih sebagai Kampung Moderasi Beragama, perlu kita ketahui bersama bahwa Kampung Moderasi Beragama merupakan program langsung dari Kemenag RI, sehingga diharapkan agar desa tersebut menjadi role model bagi desa yang lain di Kab. Kapuas Hulu.

“Kami juga mengharapkan agar seluruh masyarakat juga turut mendukung program tersebut, sehingga dapat terciptanya kehidupan yang rukun, damai dan harmonis serta toleransi antar suku dan umat beragama. Ke depannya kami yakin secara bersama-sama kita dapat menciptakan kehidupan rukun, damai dan harmonis serta toleransi antar suku dan umat beragama di wilayah Kab. Kapuas Hulu,“ ungkap Bupati.

Bupati menjelaskan, seperti yang telah disampaikan oleh Kakanwil Kemenag, bahwa di Kalbar mengedepankan kearifan lokal melalui konsep salam budaya yakni ucapan salam Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata, (Adil Ka’ Talino) artinya harus bersikap adil kepada sesama manusia.

“(Bacuramin Ka’ Saruga) artinya kita harus bercermin, berpandangan hidup seperti perkataan baik di surga (Basengat ka`jubata) bahwa kehidupan manusia itu tergantung kepada Tuhan Yang Maha Esa,“ pangkas Fransiskus diaan.

(Roesliyani)