HukumNews

Kapolda Kalbar Pimpin Press Release, Paparkan Capaian Kinerja Tahun 2023 dan Berikan Penghargaan Pada Awak Media

Avatar of redaksi
34
×

Kapolda Kalbar Pimpin Press Release, Paparkan Capaian Kinerja Tahun 2023 dan Berikan Penghargaan Pada Awak Media

Sebarkan artikel ini
SAVE 20231231 204030 scaled

PONTIANAK, RADENMEDIA.ID – Dihadiri para Pejabat Utama Polda Kalbar dan para Awak Media Online maupun Cetak, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Kapolda kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K., M.H., memimpin Press Conference akhir tahun yang bertempat di Ruang Graha Khatulistiwa Mapolda Kalbar. (Minggu/31/12/2023).

Kapolda Kalbar menyampaikan, bahwa Konferensi Pers ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan Polda Kalbar di penghujung tahun, dimana dalam kegiatan ini dimaksudkan untuk menyampaikan informasi kepada Masyarakat Provinsi Kalimantan Barat tentang kinerja Polda Kalbar bersama jajaran selama kurun waktu tahun 2023.

SAVE 20231231 204004 scaled

Pada kesempatan kali ini Kapolda Kalbar menyampaikan mengenai stabilitas Kamtibmas terkini, bahwa telah dilakukan evaluasi terhadap kinerja Polri secara keseluruhan, di sini menunjukan kinerja Polda Kalbar yang semakin lama semakin membaik.

“Tingkat rasa aman dari Masyarakat semakin meningkat, hal itu juga memberikan dampak positif bagi tingkat kepercayaan Masyarakat Kalimantan Barat terhadap Polda Kabar yang juga semakin meningkat pula.” Ungkap beliau.

Parameter dari stabilitas Kamtibmas yang baik adalah roda perekonomian Masyarakat masih dapat terus berputar, Investasi terus bertambah dan berjalan dengan baik, program Pemerintah yang mendukung transformasi ekonomi masih terus berjalan.

Penghargaan dan Prestasi tingkat Nasional yang telah diperoleh Polda Kalbar pada tahun ini adalah Tim Voli Putra dan Putri Polda Kalbar menjadi Juara 1 Turnamen bola Voli Kapolri Cup tahun 2023, Penghargaan juara 3 Lomba Pengawasan melekat tingkat Polda, Direskrimum Polda Kalbar juara 1 Gakkum TPPO tingkat Polda, Polres Sanggau juara 3 Gakkum tingkat Polres.

Untuk kecenderungan berita yang disukai oleh Media adalah kegiatan yang berkaitan dengan Patroli Gabungan TNI-Polri dan dengan Stakeholder lainya, serta untuk saat ini yang menjadi tranding topik di Media adalah isu-isu yang berkaitan dengan Pemilu 2024.

Dalam paparannya, Kapolda Kalbar juga mengungkapkan harapannya di tahun mendatang. “Kami menginginkan harapan-harapan Masyarakat dapat dicapai dan dilakukan, yaitu agar Polri lebih melakukan pendekatan secara kemanusiaan terhadap Masyarakat, mampu beradaptasi dengan perkembangan tekhnologi trend digitalisasi, transparansi dan akuntabilitas Polri yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan, serta keterlibatan aktif di Media Sosial.”

SAVE 20231231 204054 scaled

Untuk pengungkapan kasus Narkotika, Ditresnarkoba Polda Kalbar dan Polres Jajaran terdapat 824 Laporan Polisi (LP), kasus yang sudah tahap I sebanyak 109 LP, tahap II sebanyak 639 LP, dan SP3 sebanyak 28 LP, serta berhasil mengamankan 1.032 Tersangka.

Sedangkan barang bukti dari kasus Narkotika tersebut yang berhasil diamankan berupa Narkoba jenis Shabu seberat 128,1 Kg, Narkoba jenis Ganja seberat 11,36 Kg, Narkoba jenis Ekstasi sebanyak 18.122 butir.

Kemudian, untuk kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di tahun 2023 Polda Kalbar berhasil mengamankan 52 tersangka dari 52 Laporan Polisi.

Sepanjang tahun 2023 jumlah pelanggaran Lalu-lintas mengalami penurunan. Tilang menurun sebesar 3.369 (-44%), dan teguran naik sebesar 13.166 (31%). Jumlah kecelakaan lalu-lintas turun 70 kasus (-6%) dan jumlah korban meninggal dunia turun 82 orang (-17%).

Untuk penanganan penegakan Hukum oleh Ditpolairud, periode tahun 2023 terdapat 72 laporan Polisi, dan 72 laporan tersebut dapat diselesaikan 100%.

IMG 20231231 WA0085 scaled

Di akhir paparanya, Kapolda Kalbar berkomitmen di dalam penegakan Hukum, baik penegakan Hukum di internal Kepolisian maupun penegakan Hukum secara umum.

“Kami akan tetap berkomitmen di dalam hal Penegakan Hukum, karena memang dalam penegakan Hukum kami harus tegak dan tegas. Kemudian kepada Personel Polri yang melakukan perbuatan menyimpang dan menciderai hati Masyarakat, kami akan bersikap tegas, namun kami juga harus bersikap Humanis karena di dalam mengabdi kepada Masyarakat, Polri harus memposisikan sebagai Pelayan Masyarakat.” Tutup Jendral bintang dua itu.

Selain Paparan dari Kapolda Kalbar mengenai keberhasilan Polda Kalbar sepanjang tahun 2023, pada acara Press Conference kali ini juga diberikan Penghargaan kepada Awak Media yang telah berjasa terhadap Polda Kalbar.

(Roesliyani)