Daerah

Indramayu Deklarasi Pemilu Damai 2024, Semua Parpol Sepakat Berpolitik dengan Damai

Avatar of Raden Media
4
×

Indramayu Deklarasi Pemilu Damai 2024, Semua Parpol Sepakat Berpolitik dengan Damai

Sebarkan artikel ini
Indramayu Deklarasi Pemilu Damai 2024, Semua Parpol Sepakat Berpolitik dengan Damai

INDRAMAYU, RADENMEDIA.ID – Deklarasi pemilu damai 2024 digelar di Kabupaten Indramayu. Perwakilan semua partai politik (parpol) peserta pemilu beserta organisasi masyarakat (ormas) ikut serta.

Dalam kegiatan itu dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Indramayu dan disaksikan oleh semua unsur Forkopimda Kabupaten Indramayu, pada Rabu 16 Agustus 2023.

“Kami Polres Indramayu hari ini atas instruksi dan inisiasi Polda Jabar secara serentak semua Polres di wilayah Hukum Jawa Barat melaksanakan deklarasi,“ ujar Kapolres Indramayu AKBP M. Fahri Siregar.

AKBP M. Fahri Siregar menyampaikan, dalam pelaksanaan pemilu 2024 nanti, tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi kerawanan. Sebagai aparat penegak Hukum, Polres Indramayu bersama dengan KPU selaku penyelenggara juga telah melakukan analisis terhadap Indeks kerawanan pemilu di Indramayu.

“Indeks kerawanan pemilu ini terlihat dari sejumlah elemen dan indikator. Namun, persiapan-persiapan tentunya dalam pengamanannya kami lakukan,“ ungkapnya.

Kapolres menegaskan, salah satu pelaksanaan deklarasi pemilu damai 2024 upaya langkah Polri mengajak para peserta pemilu, penyelenggara pemilu untuk bersama-sama mematuhi peraturan yang berlaku.

“Yang terpenting juga menjaga marwah Demokrasi, sehingga pemilu 2024 di Indramayu bisa berjalan sukses tanpa ekses,“ tegasnya.

Ditambahkan Bupati Indramayu Nina Agustina, juga mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan pemilu 2024 dengan aman, tertib dan damai.

“Oleh karenanya, seluruh masyarakat harus bisa dewasa dalam berpolitik, salah satunya menghindari dengan berita hoaks yang menyebar kebencian dan merusak persatuan,“ ujar Bupati.

Pantauan RadenMedia.id, di akhir deklarasi, para peserta pemilu 2024 dan unsur Forkopimda melakukan penandatanganan bersama sebagai bentuk kesepakatan melaksanakan pemilu secara damai.

(Wanta S)