Pendidikan

Cegah Tindakan Bullying, Mahasiswa KKN UNIPA Surabaya Gelar Sosialisasi Pencegahan Perundungan pada Perempuan dan Anak

Avatar of redaksi
1
×

Cegah Tindakan Bullying, Mahasiswa KKN UNIPA Surabaya Gelar Sosialisasi Pencegahan Perundungan pada Perempuan dan Anak

Sebarkan artikel ini

Surabaya, RADENMEDIA.ID – Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya mengadakan sosialisasi anti-bullying dengan tema “Pencegahan Perundungan Pada Perempuan dan Anak”.

Acara itu berlangsung di TK Dharma Wanita yang ada di Desa Kandangan, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo pada Selasa (27/12/22).

“Tujuan kegiatan ini untuk mengurangi tindak kekerasan pada anak dan perempuan di desa kandangan. Juga untuk menciptakan suasana kondusif di lingkungan sekolah,” kata Alfitra Ketua KKN UNIPA Surabaya kepada RadenMedia.id, di Desa Kandangan. Senin, (16/1/2023).

Apalagi, lanjut Alfitra, sekarang ini marak tindakan bullying di lingkungan sekolah, sehingga adanya kegiatan ini diharapkan kalangan anak-anak di desa kandangan khususnya anak usia dini tidak melakukan tindakan atau hal-hal yang dapat merugikan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Bullying sendiri merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain dengan tujuan menindas dan menyakiti yang dilakukan secara terus menerus.

Selain itu, dalam paparan materi Bu Lince selaku pemateri sosialisasi menyampaikan bahwa bullying juga dikenal sebagai bentuk perundungan yaitu intimidasi orang lain baik secara fisik ataupun psikis dalam bentuk kekerasan verbal, sosial, atau fisik berulang kali dan dari waktu ke waktu, misalnya dengan memanggil seseorang dengan julukan yang tidak disukai, memukul, menyebarkan rumor, mengancam dan yang lainnya.

“Dewasa ini tindakan bullying kerap dilakukan mulai dari anak usia dini hingga orang dewasa di indonesia menjadi latar belakang mengapa sosialisasi ini sangat penting untuk dilaksanakan,” ucap Bu Lince.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, adik-adik usia dini di TK Dharma Wanita dapat membiasakan diri untuk tidak melakukan tindakan bullying dan lebih peduli dan saling menghargai dengan sesama teman,” ungkap Bu Lince selaku pemateri sosialisasi.

(MT)