Peristiwa

6 Ruko Ludes Dilalap Sijago Merah di Sekitar Alun-alun Pemalang

Avatar of Raden Media
4
×

6 Ruko Ludes Dilalap Sijago Merah di Sekitar Alun-alun Pemalang

Sebarkan artikel ini

PEMALANG, RADENMEDIA.ID – Peristiwa kebakaran 6 Ruko Ludes di deretan Masjid Agung Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah. Kejadian kebakaran tersebut, pada Senin (28/8/2023) malam, sekira pukul 23:15 WIB.

Sementara belum ada keterangan tentang akibat kebakaran bisa terjadi, namun disinyalir ada 6 unit ruko pedagang kuliner yang ludes rata terbakar oleh api yang hampir merambat membakar tiang listrik.

Atas kejadian tersebut dipertontonkan oleh ratusan masyarakat yang telah memadati Alun-alun Pemalang dalam situasi listrik padam seketika lima menit kemudian saat kebakaran.

Pantauan RadenMedia.id, puluhan sekelompok masyarakat berteriak mengatakan kepada petugas, kenapa penangannya terlambat, ini di tengah kota, bagaiman kalau di desa, karena ini sudah ludes semua baru petugas (Damkar) pada datang, bak film India.

Disampaikan oleh Misbah selaku Kepala Bidang (Kabid) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang, bahwa sudah berkomunikasi dengan pihak darkar.

“Kami sudah komunikasi ke pihak (Damkar) yang saat sekarang sedang mengisi air,“ kata Misbah, saat dikonfirmasi RadenMedia.id, pada kebakaran berlangsung hingga 30 menit belum tertangani.

Kapolsek Pemalang AKP M. Gufron, S.H., M.H, mengatakan, atas laporan yang ia terima dari petugas serta masyarakat, kejadian kebakaran terjadi pada pukul 23.00 Wib jelang tengah malam tadi.

Ia mengungkapkan, api awalnya bersumber di rumah makan Padang yang terletak di tengah-tengah enam unit bangunan ruko yang terbakar.

“Dari keterangan saksi, kebakaran terjadi pada pukul 23 : 00 Wib yang menghanguskan enam warung makan dan total kerugian belum bisa dihitung. Namun, diperkirakan estimasinya Rp50 jutaan, jadi totalnya kira-kira Rp350 juta,” tutur Kapolres di TKP.

Dalam usaha pemadaman, pihaknya menjelaskan petugas damkar baru datang ke lokasi 30 menit setelah kejadian dan posisi warung telah ambruk ludes terbakar, dengan total dua mobil truk damkar dan satu truk supply air dari BPBD Pemalang.

Sementara itu, Sunarto petugas parkir sekitar sebagai saksi mata pertama menuturkan awal kejadian dirinya telah melihat banyak asap berada di atas warung. Ia lantas mendobrak pintu warung buah dan menemukan api berada di bawah yang berasal dari Warung Makan Padang.

“Semuanya sudah tutup saat kejadian, dan saya kaget kok ada asap diatas warung. Sontak langsung didobrak ternyata api sudah besar dari arah warung padang. Tapi sayangnya tim petugas damkar telat menuju lokasi jadi enam ruko rata ledes terbakar,” ungkapnya.

(Redpel)