News

39 Lapas dan Rutan di Jatim, Kakanwil Kemenkumham Imam Jauhari Usulkan Napi Dapat Remisi

Avatar of Raden Media
1
×

39 Lapas dan Rutan di Jatim, Kakanwil Kemenkumham Imam Jauhari Usulkan Napi Dapat Remisi

Sebarkan artikel ini
39 Lapas dan Rutan di Jatim, Kakanwil Kemenkumham Imam Jauhari Usulkan Napi Dapat Remisi

SURABAYA, RADENMEDIA.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Jawa Timur telah mengusulkan 17.106 narapidana (Napi) untuk mendapatkan remisi umum Kemerdekaan RI Tahun 2023.

Atau lebih dari separuh dari total warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang ada di Jatim yaitu 29.070 orang. Rinciannya, 22.905 berstatus narapidana dan sisanya 6.165 masih berstatus tahanan.

“Semua, 39 lapas dan rutan di Jatim mengusulkan narapidananya untuk mendapatkan remisi umum kemerdekaan,“ ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari, Rabu (16/8/2023).

Meski bersifat umum, tetap ada ketentuan syarat yang harus dipenuhi narapidana untuk mendapatkan remisi kemerdekaan. Salah satunya adalah berkelakuan baik.

“Kami juga melakukan assessment untuk mengukur apakah narapidana tersebut telah menunjukkan perubahan perilaku atau belum,“ lanjut Imam.

Banyaknya jumlah warga binaan yang diusulkan, lanjut Imam, disebabkan beberapa hal.

“Salah satunya karena diberlakukannya UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan telah terbitnya petunjuk teknis (juknis) pemenuhan hak bersyarat terhadap warga binaan,” ujar Imam.

Imam menjelaskan bahwa pada Pasal 10 UU Pemasyarakatan, mengamanatkan bahwa seluruh warga binaan berhak mendapatkan hak yang sama. Seperti hak integrasi seperti Cuti Bersyarat (CB), Pembebasan Bersyarat(PB), Cuti Menjelang Bebas (CMB) maupun hak remisi.

“Terkecuali warga binaan yang divonis dengan seumur hidup maupun mati,” ujarnya.

(Zharon)